Saturday, May 7, 2011

Tips Memilih Studio Rekaman

Beberapa tips untuk pertimbangan memilih studio rekaman. Semoga bermanfaat.

Budget
Faktor budget menduduki peringkat pertama untuk memilih studio rekaman. Dengan budget besar kita bisa memilih studio rekaman yang mahal dengan peralatan yang bagus pula. Bagaimana kalau budget kita pas-pasan? Jangan kecil hati. Dengan bantuan teknologi saat, kita bisa mendapat kualitas yang tidak kalah bagus. Banyak yang menyewakan studio dengan budget minimum bahkan kadang-kadang, banyak juga studio yang memberikan paket untuk mahasiswa atau band baru dengan budget minim. Peralatan canggih dengan harga milyaran tidak berguna apabila tidak ditangani oleh engineer yang mengerti cara mengoperasikannya, SDM menjadi faktor yang sangat penting disini.

Peralatan
Penting untuk dicatat bahwa tidak semua studio memiliki peralatan sesuai dengan kebutuhan kita. Ada baiknya sebelum memilih studio kita list down dulu apa-apa saja kebutuhan kita. Cari tahu terlebih dahulu apakah studio pilihan kita memiliki peralatan yang dibutuhkan. Apabila tidak ada, apa alternatif yang bisa dilakukan, apakah meminjam dari teman, membeli atau cari studio lain? Diskusikan dengan engineer atau pemilik studio untuk mencari solusinya.

Lokasi
Agak tricky mengenai hal ini karena biasanya, studio yang berada di lokasi strategis berada di jalan besar tempat lalu lintas yang cukup padat, sehingga suara lalu lintas tersebut mengganggu jalannya rekaman. Hal ini banyak terjadi dan salah satu sebabnya karena isolasi ruang rekaman yang kurang memadai sehingga suara dari luar tembus ke dalam ruang studio. Carilah studio yang berada di lokasi strategis tetapi tidak berada di pusat lalu lintas padat, atau setidaknya memiliki peredam yang bagus untuk mencegah suara dari luar.

Rekomendasi
Tentu saja, rekomendasi dari teman atau seseorang yang kita kenal reputasinya sangat penting. Tentu kita tidak mau rekaman di studio yang sering terjadi kasus pencurian atau peralatan yang rusak bukan? Cari tahu dulu apakah studio itu di manage oleh orang yang memiliki reputasi yang baik atau tidak? Bagaiman kondisinya? siapa saja yang pernah rekaman disana? bagaimana hasilnya? Akan lebih baik apabila kita mengetahui siapa engineer yang beroperasi disana karena ini akan menentukan kualitas sound hasil rekaman kita.

Jangan lupa juga bahwa hasil rekaman yang bagus ditentukan dari persiapan yang matang. Studio yang baik adalah medium yang akan mempermudah proses rekaman kita.

Good Luck.




-Iman Putra Fattah-
7 May 2011

No comments:

Post a Comment